Pages

Rabu, 08 Desember 2010

Memahami e-payment dalam Bisnis Online


Bisnis online merupakan bentuk bisnis yang berbasis internet. Bisnis ini booming ketika mulai dipopulerkannya jual beli melalui internet yang kini dikenal dengan istilah e-commerce. Seiring
perkembangan tren bisnis, variasi bisnis online semakin beragam, baik yang menawarkan barang maupun jasa.

Pada dasarnya bisnis online merupakan bentuk transaksi, dimana ada supply (penawaran) dan demmand (permintaan). Ketika penawaran bertemu dengan permintaan, terjadilah jual beli.
Hanya saja, dalam bisnis online para pelaku jual beli tidak bertatap muka langsung. Inilah yang menjadikan bisnis online termasuk bisnis yang mengedepankan trust.

Dalam transaksi jual beli, tentu dibutuhkan mata uang yang berlaku secara umum di seluruh belahan dunia. Hal ini tidak mustahil terjadi karena internet telah menjangkau seluruh belahan dunia, sehingga aktivitas bisnis pun tidak terbatas oleh waktu dan tempat.

Jika dalam jual beli secara langsung digunakan mata uang riil sebagai alat transaksi, maka dalam transaksi online dikenal alat transaksi berupa e-payment.

e-payment merupakan alat transaksi jual beli atau pembayaran yang sangat memudahkan buyer maupun pebisnis di internet. Mereka dapat melakukan pembayaran tanpa diribetkan dengan prosedur transaksi lintas negara yang rumit.

e-payment yang paling populer saat ini adalah paypal. Perusahaan e-payment ini merupakan perusahaan yang mengatur lalu lintas transaksi keuangan terbesar di dunia. Popularitasnya disebabkan fasilitasnya yang mudah digunakan oleh user dan tidak dipungut biaya sign up alias gratis!

Nah... penasaran sama e-payment yang satu ini?

Pada posting-posting mendatang, saya akan mengulas banyak hal tentang paypal dan bagaimana menggunakan paypal dengan smart untuk berbisnis. Stay in here...

0 komentar:

Posting Komentar